Rabu, 14 Januari 2015

KONSEP DASAR PEMROGRAMAN



A.   Pengertian Program
Berikut pengertian program saya ambil dari berbagai sumber
1.        Program  adalah perangkat yang ada di dalam komputer yang tidak dapat kita sentuh dan tidak dapat pula kita lihat bentuk fisiknya. Namun perangkat ini dapat kita operasikan saat kita menggunakan komputer atau media elektronik lainnya

2.     Program adalah Komponen yang berada dalam data processing system berupa program program, eknik – eknik lain yang mengontrol atau mengendalikan system.

3.        Program atau Perangkat Lunak adalah datadatayang terdapat pada sebuahkomputer yang diformat kemudian disimpan secara digital. Bisa dibilang bahwa Programmerupakan komponen yang tidak terlihat secara fisik, tetapi terdapat dalam sebuahkomputer

4.        Program adalah sekumpulan data elektronik yang di simpan dan di atur oleh komputer,data eletronik yang di simpan oleh komputer itu dapat berupa instrusi yang akanmenjalankan suatu perintah.

5.        Program adalah sekumpulan perintah yang di jalankan ( dieksekusi) oleh komputer.Program komputer ini terdiri dari susunan logika untuk menjalankan pekerjaan tertentu dikomputer

KESIMPULANNYA : Program adalah kumpulan intruksi yang tersimpan dan di atur oleh komputer dan berfungsi sebagai penghubung antara brainware dengan hardware. Karena tanpa Program pengguna komputer tidak dapat berinteaksi atau menjalankan fungsi dari komputer itu sendiri. 


Dalam Program ada yang namanya Interpreter dan Compiler..
Interpreter berfungsi untuk menerjemahkan perintah baris demi baris dan langsung melaksanakannya. Contoh : BASIC.
Compiler berfungsi menerjemahkan dulu seluruh perintah dalam bahasa mesin. Baru kemudian terjemahkan tersebut di jalankan oeh komputer. contoh : FOTRAN, C,dan PASCAL.

B.  Bahasa Pemrograman
    Setelah kita megetahui apa itu program, pasti timbul pertanyaan dengan apa program di buat ? Nah itulah bahasa Pemrograman. Jadi bahasa pemrograman bisa juga di bilang sebagai program untuk membuat program.
Pada awal munculnya kompueter beberapa bahasa pemprograman yang terkenal di kalangan pengkomputeran, diantaraya

  • BASIC : merupakan singkatan dari BEGINER ALL PURPOSE SYMBOLIC CODE
  • COBOL : merupakan singkatan dari COMMON BUSINNES ORIENTED LANGUANGE
  • PASCAL : Diambil dari nama ahli matematika di abad 17, BLIASE PASCAL. Dan lain – lain
Namun seiring dengan perkembangan konmputer bahasa pemrograman ikut juga mengalami perkembangan pesat dimana di mana bahasa - bahasa pemrograman di atas telah banyak di ubah dari under DOS  menjadi under Windows, dalam hal ini berbasis visual atau lebih dikenal dengan Objek. Misalnya BASIC menjadi VISUAL, BASIC, PASCAL  menjadi DELPHI dan sebagainya.Setelah itu muncul bahasa program baru seperti JAVA, HTML, PHP, C/C++,Visual C, Visual Foxpro, dan lain-lain.

C.  Langkah - Langkah Pembuatan Program
      Dalam pembuatan program pasti ada langkah - langkahnya. Pastilah makan saja ada langkah - langkahnya apa lagi pembuatan program. Berikut langkah - langkahnya dalam pembuatan program.
  • Perincian (spesifikasi) program
  • Rancangan (desain) dari program
  • Penulisan (coding) program
  • Pengujian (test) program
  • Dokumentasi (penyimpanan dan pengeluaran) program

0 komentar:

Posting Komentar